Saturday, January 19, 2013

Fakta Membahana Cacing Tanah

Guys siapa yang belom tau Cacing? hemm makhluk hidup satu ini identik dengan hewan menjijikan bukan??.... kali ini kita bahas fakta membahana dari cacing ya guys.... setujaaaa? eh setuju maksudnya... yuk kita intip fakta - faktanya....
Sumber gambar : google



- Fakta pertama adalah klasifikasi cacing
Dalam bahasa Inggris cacing sering di sebut dengan istilah worm, vermes, dan helmint. Cacing, dalam kerajaan binatang termasuk hewan invertebrata atau tanpa tulag belakang. Tubuh caciong terdiri dari 75% protein.

- Fakta kedua adalah makanan cacing
Makanan cacing yaitu segala bentuk sisa - sisa bahan organik yang telah membusuk. baik dari daun, limbah rumah tangga, bahan - bahan tersebut yang telah terurai d tanah lahyang menjadi makanannya.

- Fakta ketiga mengenai usian cacing
Usia cacing tanah mencapai 15 tahun, namun umur produktifnya hanya sekitar 2 tahun. Cacing dewasa yang berumur 3 bulan dapat menghasilkan kokon sebanyak 3 koko perminggu. Di dalam kokon terdapat telur dengan jumlah antara 2 - 20 butir. telur tersebut akan menetas menjadi juvenil (bayi cacing) setelah 2-5 minggu. Rata - rata hidup cacing adalah 2 ekor per kokon. Cacing akan menjadi dewasa dan siap kawin setelah berumur 2 - 3 bulan (maskana, 1990)

-Dan fakta yang terakhir dan paling membahana adalah cacing berkelamin ganda
Cacing tanah tidak dapat di bedakan jenis kelaminnya karena cacing bersifat hermaprodit alias dalam satu tubuh terdapat dua alat kelamin, jantan dan betina. Namun cacing tanah tidak dapat melakukan perkawinan sendirian. Untuk kawin ia membutuhkan pasangan untuk pertukaran sperma 9simanjuntak. 1982)

Itu loh guys seputaran fakta membahana dari cacing,,, semoga bermanfaat yah.. sekiah dulu fakta membahananya hari ini.... bye....

Refrens: dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment